Home / AGENDA SEKOLAH / INFO SEKOLAH

Tuesday, 17 May 2022 - 06:26 WIB

SMP NEGERI 20 SURAKARTA MENYELENGGARAKAN UKBI 2022

SMP NEGERI 20 SURAKARTA MENYELENGGARAKAN UKBI 2022

SMP Negeri 20 Surakarta Sukses Mengikuti kegiatan UKBI ( Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) Tahun 2022 , yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 17 Mei 2022.  Kegiatan ini dinamakan UKBI adaptif.

 

UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan atau tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan.
Materi UKBI meliputi empat kemahiran berbahasa, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Selain itu, UKBI juga mengujikan kaidah bahasa Indonesia. Kelima materi tersebut disajikan ke dalam lima seksi pengujian, yaitu Seksi I Mendengarkan, Seksi II Merespons Kaidah, Seksi III Membaca, Seksi IV Menulis, dan Seksi V Berbicara.
Hasil UKBI peserta uji dipetakan ke dalam tujuh peringkat, predikat, dan rentang skor. Ketujuh predikat dapat diserangkaikan dalam satu ungkapan Isu Unggul Managitas (Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal, dan Terbatas).

Untuk SMP N 20 Surakarta mengikuti UKBI adaptif paket 1 terdiri dari 3 seksi yaitu seksi 1 mendengar, seksi 2 kaidah kebahasaan , dan seksi 3 membaca. Seksi 1 mendengar : pada seksi ini siswa mendengar percakapan atau dialog tertentu dan menjawab pertanyaan yg berkaitan dengan dialog tersebut. Seksi 2 : kaidah kebahasaan : Seksi ini siswa menganalisa dan menjawab soal tentang kebahasaan Seksi 3 : membaca Siswa membaca teks yang ditampilkan dan menjawab pertanyaan yang disajikan.

Siswa merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan UKBI karena sebagai uji kemampuan kemahiran bahasa indonesia yang sudah dipelajaran dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan mengikuti UKBI dapat meningkatkan minat dan kemahiran dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. dan pihak sekolah juga terus mendorong dan berharap kepada semua peserta didik dan guru mencintai penggunaan bahasa indonesia dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.

Berita Terkait  Rongpulska Bersiap Menjadi Bagian dari Sekolah Adiwiyata Kota Surakarta

Share :

Baca Juga

AGENDA SEKOLAH

Melalui Kegiatan Class Meeting, SMP N 20 Surakarta Hadirkan Semangat Kebersamaan dalam Kebahagiaan

INFO SEKOLAH

WORKSHOP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BLOG SEBAGAI E-LEARNING

AGENDA SEKOLAH

SMP N 20 Surakarta Juara 2 Lomba Menulis Andai Aku Menjadi Mas Gibran

AGENDA SEKOLAH

Rongpulska Bersiap Menjadi Bagian dari Sekolah Adiwiyata Kota Surakarta

AGENDA SEKOLAH

UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA

AGENDA SEKOLAH

SMPN 20 Surakarta Gelar Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77

AGENDA SEKOLAH

SMP N 20 SURAKARTA GELAR JALAN SEHAT, KERJA BAKTI DAN PEMBAGIAN HADIAH LOMBA ADIWIYATA

AGENDA SEKOLAH

IN HOUSE TRAINING PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA