Home / Sekolah Adiwiyata

Tuesday, 17 May 2022 - 00:57 WIB

LOMBA ADI WIYATA DI SMP NEGERI 20 SURAKARTA

 

Adiwiyata merupakan tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia untuk menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

         Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup  dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan semua warga sekolah ikut andil dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat.

         Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat penyadaran warga sekolah, sehingga menjadikan warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan sekolah.  Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dam Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

         Untuk menjadikan sekolah yang Peduli dan berbudaya Lingkungan maka hal yang perlu dilakukan untuk mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan bekelanjutan.

          Dan sekolah SMP N 20 SURAKARTA telah ditunjuk untuk maju dalam partisipasi sekolah adiwiyata dengan mengimplementasikan program kepedulian dan pelestarian lingkungan. Tentunya SMP N 20 SURAKARTA mengembangkan komponen dan standar ADIWIYATA yang meliputi:

  1. Pemenuhan dan Penguatan Kebijakan Berwawasan Lingkungan
  2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Proses Pembelajaran
  3. Peningkatan dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

              Untuk mendukung program adiwiyata ini dibentuklah pokja-pokja. Pokja itu sendiri merupakan suatu kelompok kerja yang mendukung jalannya program Adiwiyata. Seseorang yang berada di dalam kelompok kerja memiliki kesadaran lebih terhadap lingkungan dan menyadarkan temannnya tentang betapa pentingnya arti kebersihan sekitar kita.

Selain lingkungan yang bersih jasmani kita juga harus bersih, apabila kita selesai membersihkan lingkungan sekolah atau menanam bunga kita tidak harus jauh-jauh ke kamar mandi hanya cuci tangan, karena di SMP N 20 SURAKARTA telah disedikan kran untuk mencuci tangan yang terdapat di depan masing masing kelas

Berita Terkait  TATA TERTIB SISWA SMP NEGERI 20 SURAKARTA

Untuk kegiatan Lomba Adiwiyata  di SMP N 20 Surakarta di adakan beberapa lomba di antaranya : lomba pembuatan postcard dan poster tentang Lingkungan Hidup serta siswa di wajibkan membawa bibit tanaman untuk kegiatan Penghijauan Sekolah. 

Setelah kita melihat beberapa kegiatan Bapak/Ibu guru dan  siswa siswi SMP N 20 SURAKARTA, selesai sudah pembahasan tentang adiwiyata di SMP N 20 SURAKARTA. Jangan lupa terus lestarikan lingkungan sekitar kita. SALAM ADI WIYATA 

Share :

Baca Juga

AGENDA SEKOLAH

SMP N 20 SURAKARTA GELAR JALAN SEHAT, KERJA BAKTI DAN PEMBAGIAN HADIAH LOMBA ADIWIYATA

AGENDA SEKOLAH

Sepeda Santai dan Kerja Bakti Guru Karyawan SMP N 20 Surakarta

Sekolah Adiwiyata

CARA MEMBUAT BIOPORI

INFO SEKOLAH

SOSIALISASI DAN PEMBINAAN ADIWIYATA DI SMP NEGERI 20 SURAKARTA

AGENDA SEKOLAH

SMP Negeri 20 Surakarta Kirim Tim Adiwiyata dalam Grebeg Sampah